Kamis, 11 April 2013

PERBEDAAN ASI EKSLUSIF DAN SUSU FORMULA BAGI BAYI


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Hari-hari pertama menyambut kehadiran si kecil yang baru saja lahir adalah saat yang paling membahagiakan. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adala pemberian ASI eksklusif.

ASI ekslusif adalah pemberian ASI pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa tambahan cairan ataupun makanan tambahan lainnya. ASI eksklusif sangat penting bagi bayi 0-6 bulan karena semua kandungan gizi ada pada ASI. Beragam gizi yang dikandung ASI memberikan keseimbangan ideal antara protein, laktosa, mineral, dan vitamin. (Roesli:2011,3)
Sebenarnya bayi pada usia 0-6 bulan sudah terpenuhi gizinya dengan ASI saja. Tetapi banyak ibu melupakan keuntungan dan kenikmatan menyusui selama ini dengan membiarkan bayi menyusu dengan susu botol. Dan diberikan makanan tambahan yang belum waktunya, seperti diberi pisang  sehingga pelaksanaan ASI eksklusif tidak bisa terlaksanakan.  Read More...
Pemberian ASI ekslusif di Indonesia masih sangat kurang, penyebabnya adalah ibu bekerja ataupun ibu merasa kurang seksi apabila menyusui bayinya. Padahal dampak bila bayi tidak diberikan ASI adalah daya tahan bayi dapat menurun sehingga bayi akan mudah sakit. Dan pemberian susu formula pada bayi baru lahir akan rentan terkena alergi dan gizinya pun tidak akan sama jika dibandingkan dengan ASI.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1        Apa pentingnya memberikan ASI eksklusif bagi bayi?
1.2.2        Apakah perbedaan ASI eksklusif dengan susu formula ?
1.3       Tujuan Penulisan
1.3.1        Untuk menjelaskan pentingnya ASI bagi bayi
1.3.2         Untuk menjelaskan perbedaan ASI eksklusif dengan
susu formula


BAB II
BAHASAN
2.1 Konsep ASI eksklusif
2.1.1    Pengertian
ASI adalah satu – satunya makanan bayi yang paling baik, karena mengandung zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi yang sedang dalam tahap percepatan tumbuh kembang.
ASI eksklusif adalah pemberian ASI secara eksklusif sedini mungkin pada bayi berumur 0-6 bulan tanpa memberikan makanan dan minuman lainnya seperti susu formula, bubur, pisang da tim dan diberikan tanpa jadwal. ASI sangat penting karena ASI merupakan makanan bayi yang paling sempurna. (Hubertin: 2008,3)

Bayi yang sehat umumnya tidak memerlukan tambahan makanan sampai usia 6 bulan. Karena mengandung zat gizi yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi yang sedang dalam tahap pertumbuhan bayi.
2




0 komentar:

Poskan Komentar